Tipe Data Gabungan dalam C++

1. Tipe data angka (numeric data types)

Tipe data angka (numeric data types) dalam C++ digunakan untuk menyimpan bilangan, baik bilangan bulat maupun bilangan desimal. Tipe data angka yang tersedia di C++ meliputi:

  1. Int (integer) : tipe data untuk menyimpan bilangan bulat, seperti -5, 0, atau 12.
  2. Float : tipe data untuk menyimpan bilangan desimal dengan presisi rendah, seperti 3.14 atau -0.5.
  3. Double : tipe data untuk menyimpan bilangan desimal dengan presisi tinggi, seperti 3.14159265 atau -0.12345678.
  4. Long : tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat yang lebih besar dari tipe data int.
  5. Short : tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat yang lebih kecil dari tipe data int.

Tipe data karakter pada C++ adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan sebuah karakter, yang terdiri dari satu atau lebih karakter Unicode.

  1. Char : tipe data untuk menyimpan karakter, seperti ‘a’, ‘b’, atau ‘z’.
  2. Wchar_t : tipe data yang digunakan untuk menyimpan karakter Unicode dengan panjang lebih dari 8 bit. Beberapa peringatan yang perlu diingat adalah bahwa char di c++ didefinisikan sebagai tipe data bilangan 8-bit yang dapat digunakan untuk menyimpan karakter, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan bilangan.

3. Tipe data boolean (boolean data types)

Tipe data Boolean pada C++ adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang hanya bisa bernilai true (benar) atau false (salah). Tipe data Boolean di C++ didefinisikan menggunakan tipe data bool. Contoh penggunaan tipe data Boolean adalah sebagai berikut:

Gambar 1 Variabel Test “True”

Variabel “test” akan menyimpan nilai true. Tipe data Boolean juga dapat digunakan dalam operasi logika, seperti perbandingan atau logika AND, OR, atau NOT. Contoh:

Gambar 2 Operator logika AND (&&)

Operator logika AND (&&) digunakan untuk mengevaluasi kedua nilai Boolean a dan b, dan menghasilkan nilai Boolean baru yang juga bernilai false. Beberapa peringatan yang perlu diingat adalah bahwa bool merupakan tipe data yang sangat sederhana dan hanya memiliki dua nilai yaitu true dan false, tidak seperti tipe data lain yang memiliki nilai yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *