
Big Data Menjadi Kunci Ekonomi Digital
Menurut Laporan dari Reportal Digital Indonesia memaparkan bahwa terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonessia terhitung dari Januari 2020. Meningkat 17% dari tahun 2019 yang membuat penetrasi internet di Indonesia berada pada angka 64%. Bertambahnya jumlah pengguna internet ini berhubungan signifikan terhadap total pengguna platform digital seperti media sosial dan marketplace di Indonesia. Terhitung pada Januari 2020, terhadap 160 juta pengguna platform digital. Yaitu media sosial di Indonesia sebagai media komunikasi dan memperluas jaringan dengan penetrasi sebesar 59%. Sedangkan pada marketplace dari total pengguna internet di Indonesia. Sekitar 80% penggunanya menggunakan platform digital marketplace untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Disini kita akan membahas big data menjadi kunci ekonomi digital.
Apa Peran Big Data Dalam Bidang Ekonomi Digital?
Aktivitas ekonomi berbasis aplikasi dan situs web ini mendominasi hampir semua sektor dunia. Termasuk perdagangan, perbankan, kesehatan, pariwisata, Industri, pendidikan dan pelatihan, transportasi ke pertanian. Dalam industri-industri ini, sektor perdagangan merupakan sektor utama yang saat ini menguasai hampir seluruh pasar di Indonesia. Hal ini didasarkan pada teknologi digital yang kita sebut e-commerce. Berikut adalah rekapitulasi data yang disediakan oleh website statista. Data tersebut ialah “Top 10 e-commerce sites in Indonesia as of 1st quarter 2021, by monthly traffic (in million clicks)”.

Berdasarkan data yang disediakan website statista dapat disimpulkan bahwa peran e-commerce ini menjadi sangat vital dalam dunia marketing. Sehingga big data menjadi kunci dalam mensukseskan pemasaran secara digital ini. Big Data dapat membuat hidup lebih baik. Dunia pemasaran juga menggunakan big data untuk memahami prospek pelanggan di masa depan dengan menyesuaikan cara produk dipasarkan. Melalui big data, pemasar dapat memahami perilaku pelanggan atau konsumen untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.
Bagaimana Cara Big Data Membantu Pemasar Menargetkan Produk Kepada Konsumen?
Big data memainkan perannya untuk membuat rekomendasi produk bedasarkan aktivitas pengguna. Sehingga iklan-iklan di ecommerce menjadi lebih efisien dan efektif ketimbang marketing tradisional. Seperti di radio, televisi dan papan reklame dipinggir jalan yang kini cenderung ditinggalkan. Berikut adalah cara-cara big data membantu pemasar menargetkan produk kepada konsumen, yaitu sebagai berikut:
1. Dengan bantuan big data, pemasar dapat memasang iklan pada produk. Hal ini dimungkinkan karena ada data tentang pengunjung/pelanggan sehingga pola perilaku mereka dapat dianalisis untuk menentukan target iklan yang tepat.
2. Big Data juga membantu pencarian semantik. Pencarian semantik adalah proses pencarian kata kunci yang sering digunakan. Data dalam big data memudahkan mesin pencari untuk mencari dan memahami apa yang dicari pelanggan. Sehingga memudahkan pelanggan menemukan barang yang mereka butuhkan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan.
3. Big data dapat mendekatkan konten pemasaran kepada pelanggan. Big Data memudahkan untuk
menentukan apa yang disukai pelanggan.
https://jakarta.telkomuniversity.ac.id
https://bit-jkt.telkomuniversity.ac.id
Credit to: Pulung Andre Widiatmoko