Aktifitas Mahasiswa

Sep
04

Keamanan IOT Dan Jaringan Komputer Di Era Big Data

Meningkatnya penggunaan perangkat IoT mengundang para penjahat dunia maya untuk menargetkan mereka. Banyak organisasi yang menghadapi tantangan terbesar dalam pemantauan ancaman berbasis jaringan. Terutama di sektor-sektor berikut: pemerintah, energi, layanan kesehatan, bank, dan pusat penelitian. Selain itu, sektor-sektor ini berinvestasi dalam alat pemantauan keamanan untuk melindungi dan mengamankan infrastruktur mereka. Teknologi big data akan mampu […]

DETAIL
Agu
27

Strategi Penggunaan Big Data Menggunakan Data Analisis

Big data merupakan kumpulan data yang memiliki jangkauan atau volume yang besar dan luas. Melingkupi berbagai macam sumber keamanan data yang tinggi sehingga diperlukan perangkat bantuan yang sesuai dengan kinerjanya. Menggunakan metode analysis memudahkan para perusahaan startup untuk menyajikan layanan big data untuk di targetkan pada fungsi tertentu. Untuk data analysis yang di ambil dari […]

DETAIL
Agu
23

Kecerdasan Buatan Dalam Pengembangan Kegiatan Pembelajaran

Pembelajaran membutuhkan proses aktivitas yang aktif dan merupakan paradigma pembelajaran baru yang menempatkan peran mahasiswa sebagai pusat pelaksanaannya. Dalam proses belajar mandiri, mahasiswa harus mampu membentuk proses pembelajaran atas inisiatifnya sendiri. Sehingga dapat merancang pembelajaran yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Pembelajaran aktif juga sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi. Disini kita akan membahas kecerdasan […]

DETAIL
Agu
19

Metode Dalam Pemilihan Program Studi

Permasalahan yang sering terjadi dalam memilih program studi adalah memilih program studi berdasarkan kemauan orang tua. Selain itu, ada pula mahasiswa yang mengikuti temannya dalam memilih program studi. Metode profile matching dapat menjadi solusi dari dua permasalahan tersebut. Berbeda dengan AHP, metode ini mengacu pada faktor nilai, kemampuan, dan minat yang dimiliki mahasiswa. Sedangkan Metode […]

DETAIL
Agu
18

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi

Proses dalam memilih program studi ketika hendak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi merupakan proses yang rumit. Kesalahan dalam memilih program studi dapat berakibat fatal bagi mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Mengulang banyak mata kuliah dan depresi adalah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan. Oleh karena itu, kita memerlukan informasi serta rekomendasi yang cepat dan akurat […]

DETAIL
Agu
15

Peran Kecerdasan Buatan Dalam Kegiatan Pembelajaran

Indonesia terus berupaya memperkuat sistem pendidikannya guna memberdayakan seluruh warga negara. Keberhasilan suatu sistem pendidikan diukur dari kualitas pendidikannya. Banyak faktor yang harus dicermati untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Menerapkan pembelajaran yang efektif merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatan mutu proses pendidikan. Yang ditujukan untuk optimalisasi pembentukan kepribadian yang bermoral. Disini kita akan […]

DETAIL
Agu
15

Teknik Kecerdasan Buatan Pada Multiplayer Online Battle Arena

Gaya permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dipilih hanya karena baru-baru ini menjadi salah satu genre game 3D paling populer. Proses pengembangan game ini bisa sangat memakan waktu dan membosankan. Aplikasi Engine Game pihak ketiga seperti The Unity Engine Game atau CRYEngine biasanya digunakan untuk mengembangkan game. Alasan, Unreal Engine 4 (UE4) digunakan untuk mengembangkan […]

DETAIL
Agu
03

Perbandingan Web Server Populer NGINX Dengan APACHE

NGINX adalah perangkat lunak server web open source populer yang dapat digunakan untuk melayani halaman web. Bertindak sebagai proxy terbalik, memuat permintaan HTTP, dan bertindak sebagai proxy email. NGINX awalnya hanya menangani lalu lintas HTTP. Hingga saat ini, jumlah koneksi server web telah meningkat. Apache adalah perangkat lunak server web sumber terbuka dan gratis yang […]

DETAIL
Agu
03

Teknik Kecerdasan Buatan Di Lingkungan Game

Kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin. Dan diprogram agar bisa berpikir layaknya manusia. AI dalam Ilmu Komputer difokuskan tentang memungkinkan komputer untuk bertindak dengan tingkat kecerdasan. Ketika diterapkan pada bidang pengembangan game 3D, memungkinkan karakter non-pemain (NPC) yaitu computer pemain yang dikendalikan. […]

DETAIL
Jul
26

Internet of Things

Internet of Things merupakan sebuah konsep dimana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi seperti software dan sensor. Bertujuan agar benda tersebut dapat berkomunikasi, terhubung, terkendali dan saling bertukar informasi data melalui perangkat lain selama terhubung pada internet. Saat ini perkembangan teknologi di negara Indonesia semakin lama menjadi berkembang. Teknologi-teknologi baru mulai muncul, salah satunya Internet […]

DETAIL